Resep Bolu Tiramitsu, Camilan Enak Untuk Teman Minum Teh

Sore hari yang agak mendung, sepertinya enak sekali jika bersantai di teras ditemani dengan segelas teh dan potongan-potongan bolu hangat. Hmmm, itulah yang saya pikirkan ketika saya memutuskan untuk membuat bolu ini. Awalnya saya bingung, mau bolu apa yaa? Ada cokelat batangan dan coklat bubuk. Sebenarnya sudah memadai jika saya memutuskan untuk membuat brownies. Namun, sore itu, saya ingin membuat bolu yang berbeda. Karena dilemari dapur saya lihat ada kopi cappucino milik suami, akhirnya saya pun memutuskan untuk membuat bolu tiramitsu.

Waktu pembuatan saya perkirakan sekitar 1 jam lebih sedikit. Mulai dari mixer hingga matang. Dan, taraaa.... inilah hasilnya.
Coklat batangan tadi saya lumerkan untuk dijadikan topping. Alhamdulillah, anak-anak menyukainya.

Untuk anda yang ingin mencoba membuat Bolu Tiramitshu ini di rumah. Anda bisa simak simak resepnya dibawah ini :

Bahan A :
1. 4 butir telur
2. 7 sdm gula pasir
3. 1/4 sdt garam
4. 1 sdt SP
Bahan B :
1. 14 sdm tepung terigu
2. 1/2 sdt baking powder
Bahan C :
150 mL minyak goreng
Bahan D :
2 sachet kopi cappucino (saya pakai merk tora bika)


Langkah Pembuatan :
1. Mixer bahan A dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, berwarna putih dan berjejak.
2. Jika sudah, kurangi kecepatan. Masukkan sedikit demi sedikit bahan B.
3. Jika sudah tercampur rata, matikan mixer. Mulai panaskan dandang untuk mengukus. Lalu lanjutkan langskah berikutnya. Masukkan bahan C secara bertahap dan aduk menggunakan spatula hingga tidak adalagi minyak yang mengendap dibawah.
4. Lalu masukkan bahan D, aduk dengan spatula hingga benar-benar tercampur rata.
5. Tuang adonan kedalam loyang yang sudah diolesi magarin.
6. Masukkan dalam kukusan dan panaskan selama kurang lebih 25-30 menit.
Topping : Ini tidak saya masukkan bahan karena optional ya. Kalau saya sendiri toppingnya menggunakan lelehan coklat batangan yang dicampur dengan sedikit minyak goreng.

Okey, jadi seperti itu langkah pembuatan Bolu Tiramitsu nya. Selamat mencoba! Semoga membuat hari anda lebih menyenangkan.

NB : Oiya, untuk anda yang sudah mencoba resep ini, boleh di share hasilnya dikolom komentar dibawah ini ya.. 

20 comments

  1. Wah...pengen buat daku Mbak...biasanya saya suka buat bolu biasa sih. Bolu coklat semacam Brownis kukus dan bolu pandan. Terima kasih Mbak...daku Insya Allah akan buat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bikin bolunya sukses mba.. Anak-anak saya pada suka lho.. 😊😊

      Delete
  2. Saya simpan resepnya ya mbak, kapan-kapan mau coba ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mba.. semoga bisa segera eksekusi . 😊😊

      Delete
  3. Saya save nih resepnya Mba, saya sering bikin kue soalnya anak-anak doyan ngemil.
    Tapi biasanya nih, udah simpan banyak resep, ujung-ujungnya resepnya ngasal hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mba.. enakan habis nge save langsung eksekusi mba.. hihihi..

      Delete
  4. Gampang banget ya, Mbak. Resepnya pun ekonomis. Tapi aku nggak punyabkukusan.Biasanya aku bikin bolu panggang.Kalau di panggang, modifikasi resepnya bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja resepnya mba.. di oven pake suhu 140°-150° selama 25 menit mba.. saya juga udah pernah nyoba dioven..
      Cm hasilnya lebih lembut kalau dikukus..

      Delete
  5. Waduh, kalau camilannya begini, saya mana bisa berhentiiii. Terus dietnya mulai kapannn, hiks

    ReplyDelete
  6. Waaah aku suka tiramisu... Sampe ku screenshoot bahan2nya. Kapan2 kudu di coba di rumah. Tq ya mb 4 resepnya 😘😘

    ReplyDelete
  7. Tiramisu rasa yang saya suka. Wah, terima kasih udah nulisin resepnya juga. Dilihat dari gambar, saya jadi ngebayangin enaknya rasa Bolu Tiramisu ini. Wanginya juga enak pasti.

    ReplyDelete
  8. Anakku suka tiramisu..Ini versi prkatisnya, mudah ternyata. Bahannya pun ada di dapur semua. Cus..eksekusi aja nanti
    Makasih resepnya :)

    ReplyDelete
  9. Kalau ini sih, saya juga mau. Tapi kalau mau bikin kok ya lama kali ngumpulin niatnya. Wkwkwk.. Beli aja lah ya. 🙈

    ReplyDelete
  10. Bole juga nih mbaa.. Biasanya ak bronkus aja. Makasiy resepnya mbaa

    ReplyDelete
  11. Mudah dan praktis ternyata ya? Boleh dicoba nih kpn2.

    ReplyDelete
  12. Bikin ngiler mbak, hehe. Btw, adakah resep bikin bolu ato roti ygno mixer? Boleh dishare resepnya .

    ReplyDelete
  13. Masya Allah, keren bener nih mbaknya bisa bikin sendiri. Duh, jadi mupeng kan pengen cobain,udah mana praktis ya mba resepnya. Thanks ya mba resepnya

    ReplyDelete
  14. wah seru banget nih buat dicoba sama si kakak yang seneng bikin adonan. thanks sharingnya

    ReplyDelete

My Ads